Rabu, November 28, 2007

Pengalaman Nyata.

Pengalaman Nyata.



Beberapa tahun lalu, waktu itu sebelum ujian tertulis SMA ; UAN/UAS kalo sekarang. Kami, saya dan teman kelas 3 lainnya harus menjalani ujian praktek diantaranya praktek olahraga. Satu diantaranya kegiatan olahraganya adalah cross country, melintasi tepian pantai, renang, dan melintasi hutan kecil yang berbukit. Saya bersyukur mampu menjuarai cross country ini.


Tepat sepulang cross country itu, saya kena demam tinggi, keluarga saya segera membawa saya ke rumah sakit (RS). Demam tinggi ini hanya sekitar 1-2 jam alami, karena pertolongan dokter RS yang cepat dan memadai, alhamdulillah.


Malam itu saya tidak merasakan keanehan apapun.Pagi harinya, ketika subuh, seperti biasa rutin harus ke paturasan, saya ternyata tidak bisa melangkah, saya hanya bisa berdiri. Ke patursan pun saya lakukan dengan merayapi dinding untuk sampai ke sana.


Saya tidak diperkenankan pulang dari RS waktu itu, karena saya harus menjalani pemeriksaan macam-macam, macam alat dilekatkan ke tubuh saya. Tiga malam di RS harus saya jalani dengan perasaan jemu. Secara pribadi saya tidak suka dengan suasana RS, lagi pula saya harus tetep ikut ujian akhir SMA. Sepanjang ujian SMA saya harus meminta keluarga dan teman2 saya memapah saya untuk hanya sampai ke ruang ujian, saya menjadi benar lumpuh bagian tubuh sebelah bawah, kira pusat ke bawah. Gangguan fisik lainnya saya tidak merasakannya, hanya benar2 lumpuh, seperti tanpa sebab. Sejak kelumpuhan itu secara medis berobat ke dokter, berganti-ganti dokter, sesuai rujukan dokter satu ke dokter berikutnya. Dalam waktu yang sama, secara budaya berobat ke orang pinter juga dilakukan. Sumbangan doa teman2 dan keluarga senantiasa mengalir ke saya. Alhamdulillah atas rejeki ini semua.


Tapi saya tetep lumpuh. Saya merasakan tidak ada perubahan apapun yang saya alami sejak sakit sampai kelulusan SMA saya terima, sampai waktu perpisahan SMA kami terlaksana saya masih dalam kondisi yang sama. Demikian terus hingga kira2 dua bulan lamanya.

Dugaan sakit saya, versi dokter, kena folio, mungkin cidera syaraf karena dikaitkan dengan kegiatan fisik saya beberapa jam sebelum kena demam. Ada yang memperkirakan retak tulang atau putus syaraf, meski rontgen saya tidak didapat data itu, kapsul obat dan kaplet macam2 yg besarnya sejempol harus saya konsumsi. Obat2 itu tidak saya konsumsi kalo dokternya memberikan penjelasan ke saya tidak menggunakan kata2 yang meyakinkan saya.
Semua dokter tidak tau apa penyakit saya.


Versi budaya, mungkin ini, mungkin itu. Mungkin nabrak makhluk halus, mungkin saya melewati lebih dulu tempat yang biasa dipakai makhluk halus bersantai, karena saya pemenang cross country itu, dlsb-dlsbnya. Meski dalam keadaan lumpuh (lumpuh yang saya alami tetep bisa berdiri tidak bisa melangkah sama sekali) pada waktu mendaftar ke perguruan tinggi tetep saya lakukan dengan didampingi keluarga atau teman saya Karena persiapan tes masuk perguruan tinggi, saya perlukan buku yang sudah cetakan lama, datanglah saya ke tempat loak buku. Di tempat loak ini saya tertarik dengan buku tua ejaan lama tentang vitamin. Saya tertarik, wong cuman vitamin kok dibukukan, apa sih hebatnya vitamin pikir saya. Saya beli yang kemudian saya baca, ternyata, ada kelompok vitamin B (vit B ini ternyata bermacam2, saya dulu berpikiran vit B kompleks itu saya kira sudah terdiri dari dari vit B1, B2, B3 yang macam tadi, ternyata bukan) yang dapat menyebabkan kelumpuhan syaraf kalo di tubuh kita benar2 kekurangan secara ekstrim.


Kekurangan vit B (dan juga vit C) dapat ekstrim hilang dari tubuh kita jika terjadi demam tinggi.


Nah loh.

Saya sampaikan ke orangtua saya teks loakan tadi itu, saya hanya mau konsumsi vitamin2 (tentu saja di dalamnya terdapat vit B) saja, tidak lagi obat.


Alhamdulillah saya berangsur sembuh dari kelumpuhan, dan normal sampai sekarang ini. Berkaitan dengan sodara Penglie, saya merasa punya kemiripan di awal sakitnya.Tentang yang lain saya benar2 awan, yah karena ilmu vitamin itu saya hanya tau sebatas vit B saja, vitamin2 lainnya juga gak tau. Saya nggak ngerti, apa tulisan pengalaman nyata saya ini ada manfaatnya ato tidak.


Terima kasih.


Suhu Idpra (rekan dari Forum GA)




2 komentar:

Oteh mengatakan...

Sepertinya gejala awalnya hampir mirip yah, cuma penyebabnya beda mas, Punya mas hasil rontgent nga apa2, bro Penglie memang ada tulang ekornya yg retak.

kita ambil mamfaat dari cerita nyata ini adalah agar bisa lebih berhati-hati dengan si Demam, jangan di sepelekan.

oteh mengatakan...

Nga ada yg komentarin , gua komentar lagi deh.

Mas ini rupanya mantan crosser juga hehehe , hebat!!!

Si NT juga mantan pembalap Sepeda loh sering ikut event nasional.


Ayo !!! Menulis.

Sambil kita menunggu bagaimana adanya solusi terbaik untuk Penglie, dan bagaimana kelanjutannya di hari-hari yang akan datang, dan juga agar Blog ini tidak monoton, Saya mengajak teman-teman pengunjung blog ini, terutamanya rekan dari forum GA bisa ikut berbagi cerita.

Silahkan teman-teman yang berminat menuliskan suatu kisah yang pernah dialami dan tidak pernah terlupakan entah itu kenangan manis misalnya, ketemu doi di gerbong kereta ,terus pada pandangan pertama langsung cintrong etc ets, atau pahit misalnya, pernah kejatuhan dari genteng terus ketimpa tangga lagi dan etc ectlah ,mudah-mudahan dengan share disini membuat hati lebih plooong bagi yang nostalgianya sangat cukup menyedihkan dan bisa di dijadikan pembelajaran untuk rekan rekan lain , Kalau kenangan yang indah kiranya juga bisa menjadi motivasi bagi yang lain, setuju ?

Yang penting ceritanya tidak mengandung "FORMALIN"(bajakan), SARA(wong sara juga di ciptakan yg KUASA), "PORNOGRAFI"(bisa kena banned sama UUP dong),"PROVOKASI"(adu kambing satu sama lain nga boleh juga dong)

Kalau nga keberatan boleh tulis lengkap data diri, atau lampiran foto, tapi yg ukuran sewajarnya jangan yang 2 kali lapangan bola. hehehe

Nantinya teman-teman bisa saling beri komentar,dan polling yang mana yang ter.....

Silahkan teman teman saya tunggu partisipasinya, harap di ceritakan versi cerpen(cerita pendek)dan kirimkan naskahnya ke Email oteh ::








=============================



.......Terima kasih atas kunjungannya........

Kabar-kabari...

Thanks buat respon positifnya bro/sis from Forum GA,dan Atas saran teman-teman yang bermaksud ingin berbagi kasih, dengan ini saya tampilkan No.Rek adik yang bersangkutan, Diharapkan yang sudah membantu silahkan beritahu lewat menu "Komentar" , Data dana akan saya postingkan secara berkala . Terima kasih. ===================================..............
Atas saran beberapa teman, dengan beberapa alasan privasi, alamat yang bersangkutan tidak saya tampilkan, Bila ada yang mempunyai ide solusi bisa tinggalkan di Komentar. ===================================............
Kepada yang telah berpartisipasi dan belum terdata, silahkan Email KE WONK1965@GMAIL.COM ATAU TINGGALKAN PESAN DI KOLOM KOMENTAR. ===================================...............
UNTUK MELIHAT DANA YG TERKUMPUL/CLIP REKAMAN SILAHKAN KLIK GAMBAR DI BAWAH TULISAN "DANA YANG TERKUMPUL".ATAU KLIK DISINI.

Tukar link ?